Latest News

Tuesday, October 9, 2018

Time Management Hacks: Hal mudah untuk penggunaan waktu yang efektif


Terkadang kita merasa 24 jam sehari tidak cukup untuk waktu bekerja, beristirahat dan bersenang-senang. Tak jarang pula untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, kamu jadi  mengorbankan kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya leisure, seperti mentonton TV dan bermain game. Bahkan, seringkali jam tidur harus berkurang karena pekerjaan yang seperti tidak pernah ada habisnya.
Namun, kamu tidak perlu berhadapan dengan hal-hal di atas kalau kamu berhasil melakukan time management yang efektif. Dengan mengatur waktu seefektif mungkin, kamu tidak perlu sering lembur, dan bahkan jadi punya waktu untuk aktivitas lain. Berikut hal-hal mudah yang dapat kamu contoh untuk meningkatkan produktivitasmu.

Fokus pada pekerjaan

Anggapan umum bahwa dengan multitasking pekerjaanmu bisa lebih cepat selesai sebenarnya belum tentu efektif bagi semua orang. Sebaliknya, beberapa orang bahkan merasa bahwa multitasking membuat kerja lebih lambat. Multitasking juga membuat pikiranmu terbagi-bagi. Ketika berpindah mengerjakan satu pekerjaan ke yang lainnya, kamu juga jadi butuh waktu lebih untuk berpikir ualng.
Di sisi lain, kalau kamu fokus, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan punya spare waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Kualitas pekerjaanmu pun tidak perlu diragukan lagi. Dengan berfokus pada satu pekerjaan terlebih dahulu, ide-ide baru juga bisa bermunculan, loh.

Pastikan rencanamu tetap on track

Membuat action planner adalah salah satu awal yang baik untuk menyusun timeline kerjamu. Tapi yang terpenting adalah bisa atau tidaknya kamu melakukan pekerjaan sesuai dengan action planner yang kamu susun. Jika kamu dapat mengeksekusi action planner kamu, pasti kamu tidak kekurangan waktu dalam bekerja.
Kamu juga perlu mempersiapkan bahan yang kamu perlukan untuk mengeksekusi action kamu. Mempersiapkah bahan termasuk melakukan research sebelumnya hingga kamu tidak perlu membuang waktu yang lama untuk brainstorming ide. Kamu bisa gunakan waktu luangmu untuk membaca atau mengeksplor hal yang dapat memberi kamu ide baru.

Rencakan langkah selanjutnya

Kamu perlu merencanakan setiap langkah kamu selanjutnya. Jika project pertama sudah sukses, jangan terlalu lama merayakan kesuksesan tersebut. Rencanakan project selanjutnya untuk tetap mempertahankan kesuksesanmu—bahkan meningkatkan kesuksesan tersebut. Dengan merencanakan action selanjutnya, kamu tidak perlu waktu tambahan untuk memikirkan hal baru apa lagi yang dapat meningkatkan karyamu.

Melakukan prioritas dalam bekerja

Tentu saja kamu perlu melakukan pekerjaan yang lebih penting terlebih dahulu. Jika kamu ingin menggunakan waktumu secara efektif, kamu perlu memperhatikan detail pekerjaanmu. Tidak semua pekerjaan memerlukan waktu yang sama, maka itu milih pekerjaan yang diprioritaskan bukan hanya berdasarkan tingkat kepentingan tapi kamu perlu memikirkan juga berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.
Jika kamu dapat menjalankan hal-hal tersebut, dijamin kamu tidak akan kekurangan waktu dalam bekerja sehingga kamu tetap dapat melakukan hal-hal untuk refreshing. Kamu juga dapat membuat diri kamu lebih fokus dalam bekerja dengan mengkonsumsi beberapa makanan peningkat konsentrasi.


http://dvdpelatihansdm.com/materi-pelatihan-yang-sangat-lengkap-tentang-time-management-atau-manajemen-waktu/

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *