Latest News

Monday, October 5, 2020

PERBEDADAAN ORANG TIONGHOA DAN ORANG BARAT


Dimana perbedaan terbesar orang Tionghoa dan orang barat? Yaitu, kita/Orang Tionghoa tahu memuja leluhur,  mereka tidak. 

Orang Tionghoa adalah satu-satunya bangsa di dunia yang menempatkan roh/semangat leluhur di bahu mereka, kemana pun mereka berlari. 

Dalam hati orang barat hanya ada Tuhan, tidak ada leluhur. 

Dalam hati orang Tionghoa belum pasti ada Tuhan, tapi yang pasti ada leluhur. 

Anda lihat, orang Tionghoa lulus ujian menjadi sarjana, pulang ke rumah, berdoa pada leluhur. Menjadi pejabat, melahirkan anak, pulang ke rumah sembahyang pada leluhur. Kenapa? 

Karena leluhur akan selalu menjagamu. Menurutmu apakah ini takhyul? Asalkan kamu tidak bingung, baguslah, kamu percaya bagus, tidak percaya juga OK. 

Saya harap kalian memahami, ini tidak ada hubungan dengan tahyul, juga tidak berkaitan dengan Roh Dewa. 

Ini yang dikatakan leluhur hidup dalam hatimu, lalu kamu juga hidup dalam hati anak-anakmu.Hanya seperti itulah masalahnya. 

Jika dalam hatimu tidak ada leluhur, maka dalam hati anak-anakmu kelak pasti tidak ada kamu. Begitulah norma yang sederhana. 

Jika kamu tida ada dalam hati anak-anakmu, bagaimanapun kau mendidiknya, pasti tidak dapat mendidik dengan baik. 

Lihat anak muda jaman sekarang,  begitu berantakan. Penyebab sesungguhnya hanya satu, yakni dalam hatinya tidak ada orang tuanya. 

Kamu lihat orang Tionghoa yang di hatinya ada orang tua, kita mau melakukan banyak hal, juga tidak berani melakukan, kenapa? Takut orang tua akan terluka hatinya, takut orang tua akan tidak senang. 

Orang barat tidak seperti itu, saya suka buat apa, lakukan saja, orang tua tidak senang, urusan mereka, tidak ada hubungan dengan saya. Asalkan Tuhan baik terhadapku, menjagaku, aku pasti akan baik-baik sajalah. 
Ini adalah pandangan suku bangsa yang beda.

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *